SELAMAT DATANG DI BATALYON INFANTERI 611/AWANG LONG PANTANG SURUT MENGABDI PADA KEBENARAN

Senin, 27 Januari 2020

TINGKATKAN KEMAMPUAN SEBELUM TUGAS OPERASI, PRAJURIT YONIF 611/AWL DILATIHKAN NAVIGASI DARAT

KUTAI KARTANEGARA,YONIF611.KOREM091-TNIAD.MIL.ID. – Dalam rangka meningkatkan  kemampuan sebagai Prajurit Infanteri serta kesiapan dalam melaksanakan tugas operasi perbatasan, Prajurit Yonif 611/Awl melaksanakan latihan teori dan praktek Ilmu Medan (Navigasi Darat), membaca peta, dan kompas di daerah sekitaran komplek Mayonif 611/Awl Jln. Soekarno Hatta Km. 2,5 Loa Janan, Kutai Kartanegara. Selasa (28/01/2020).


Kegiatan belajar pengetahuan teori Ilmu Medan (Navigasi Darat) yang diberikan ialah pengetahuan orientasi peta, mengukur jarak, kedar serta tanda tanda pada peta. Adapun kegiatan ini dilaksanakan untuk mengingat kembali pelajaran Ilmu Medan (Navigasi Darat) kepada seluruh Prajurit untuk menunjang pelaksanaan tugas operasi nantinya.

Untuk praktek Ilmu Medan (Navigasi Darat) materi yang dilatihkan meliputi orientasi peta, reseksi dan interseksi, berpindah tempat menggunakan titik pangkal (TP) dan diakhiri berjalan menggunakan kompas (Navigasi Darat) pada waktu siang atau malam hari.


Danyonif 611/Awl menyampaikan “Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk membekali  Prajurit Yonif 611/Awl agar paham tugas dan tanggung jawabnya tentang Ilmu Medan (Navigasi Darat) serta mengenai dasar-dasar membaca peta dan menggunakan kompas pada waktu siang dan malam hari. Saat ini operasi taktis dan kegiatan militer sedemikian kompleks sehingga sangat penting bagi setiap Prajurit untuk dapat menggunakan kompas, membaca dan menafsirkan peta, agar dapat bergerak cepat dan efektif di medan perang ditambah pengenalan medan dapat memberikan perbedaan nyata dalam medan pertempuran.” jelas Mayor Mayor Inf Albert Frantesca, M. Han.


Danyonif 611/Awl menambahkan “Latihan kali ini pun dilaksanakan untuk menguji kemampuan Prajurit dalam menggunakan kompas, membaca, peta dan aplikasi Ilmu Medan (Navigasi Darat). Kemampuan ini sangat di butuhkan dalam melaksanakan tugas-tugas operasi pertempuran atau perbatasan. Tidak hanya dalam medan pertempuran, hal ini juga berlaku untuk keperluan lain seperti menyusuri rawa, mendaki gunung, bukit atau penggunaan lainnya dimana ketepatan Navigasi Darat diperlukan.” tutupnya.

Sumber Pen Yonif 611/Awl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERBAIKAN MARKA JALAN DEPAN KOMPI SENAPAN A YONIF 611/AWL BEKERJA SAMA DENGAN POLSEK SAMARINA SEBERANG

KUTAI KARTANEGARA, KOREM091-TNIAD.MIL.ID/YONIF611 – Dalam rangka menjaga Sinegritas TNI-Polri dan mengurangi angka kecelakaan serta me...